Tembakau merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis. Daerah yang mempunyai potensi tersebut adalah Kabupaten Tulungagung. Dengan kondisi tanah yang memadai sebagai media pertumbuhan tembakau, beberapa desa di Tulungagung menjadi sentra untuk komoditas tembakau ini. Salah satunya adalah Desa Gebang Kecamatan Pakel. Di desa ini banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya ke tanaman Tembakau. Mulai dari budidaya sampai pengolahan tembakau menjadi siap jual.

Tembakau yang tumbuh di desa ini terbilang cukup baik. Bahkan beberapa merk rokok terkenal menggunakan tembakau dari Desa Gebang.  Para petani di desa ini memang cukup handal dalam merawat tanaman tembakau hingga menghasilkan kualitas tembakau yang baik. Jika sudah memasuki desa ini kita akan disugukan pemandangan hijau dari tanaman tembakau yang tumbuh subur di setiap pematang sawah.

Selain sistem pananman yang baik, di Desa Gebang juga melakukan perajangan daun tembakau hasil dari panen petani setempat. Jadi setiap panen, petani akan menyetorkan hasil panen tembaukanya ke rumah-rumah perajangan. Kemudian hasil perajangan akan dijemur untuk mengurangi kadar air serta memunculkan aroma dari tembakau. Setelah kering, tembakau akan dikemas kemudian siap untuk dipasarkan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.